Balikpapan – Setelah tahun lalu kegiatan diadakan secara online, tahun ini PR IPM Pondok Pesantren Al-Mujahidin kembali mengadakan Musyawarah Ranting atau biasa disebut MUSYRAN. Musyawarah Ranting merupakan permusyawaratan Ikatan Pelajar Muhammadiyah yang diadakan satu tahun sekali di akhir periode Musyran yang ke-IX ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 4 s/d 6 Maret 2022. Acara yang memiliki motto “Menguatkan pengimplementasian Nuun dalam pergerakan Amar Ma’ruf Nahi Munkar” ini bertujuan sebagai ajang evaluasi pimpinan, wadah untuk merumuskan program kerja organisasi periode berikutnya.

Pemilihan panitia sembilan, dilaksanakan pada hari pertama (04/03/22). Pemilu ini diadakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (LUBERJURDIL). Pemilu ini dilaksanakan di asrama putri Pondok Pesantren Al-Mujahidin dengan dua kloter. Kloter pertama SMP dan dilanjutkan SMA.

Pembukaan Musyran dilaksanakan pada hari kedua (05/03/22). Pembukaan ini diadakan pada siang hari di gedung aula lantai tiga Al-Mujahidin Balikpapan. Dalam acara ini hadirin disuguhkan penampilan tari yang dibawakan oleh angkatan 39.
Bertempat di Masjid Khadijah, sidang pleno I s/d IV diselenggarakan pada malam hari. Pada sidang ini panitia sembilan menetapkan Aulia Mar’atul Hikmah sebagai ketua I, Aulia Salsabila Zahirah sebagai ketua II, dan Annisa Nurul Dzihni sebagai ketua III.

Pada hari ketiga (06/03/22) diselenggarakan penutupan sekaligus pelantikan PR IPM. Ipmawati Nur Atika mewakili PD IPM hadir dalam pelantikan sebagai ketua Perkaderan periode 2022-2024. Ia turut menyaksikan berlangsung acara dan menyampaikan sambutannya “Harapan saya untuk IPM periode lama agar tidak putus untuk ber-IPM. Semoga dapat memberikan contoh dan arahan yang baik untuk adik-adik. Dan untuk kepemimpinan selanjutnya kalian dapat mengembangkan bakat berbicara di depan umum. Tetap amanah dan jangan pernah menyesal ber-IPM.”

PR IPM SMP Muhammadiyah 3 Al-Mujahidin menyuguhkan penampilan Wonderful Indonesia dengan tari Nusantara sebagai persembahan utama. Setelah acara dibuka secara resmi, rangkaian acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, mars Muhammadiyah serta mars IPM. Dilanjutkan dengan pelantikan dan serah terima jabatan. Pembacaan sumpah berlangsung dengan khidmat dituntun oleh ketua MPS putri.

“Ana sangat bangga, bisa berdiri di sini dengan lambang ISA. Ana bangga dapat memiliki nama yang tertera di jas IPM. Dan ketika ISA digabungkan dengan IPM, maka itu kombinasi yang luar biasa. Untuk adik-adik sekalian yang akan menjalankan roda kepemimpinan, satu kuncinya, istiqomah. Apa yang telah kalian ucapkan pertahankan sampai akhir. Jabatan yang kalian bawa itu semoga bisa menjadikan kalian seseorang yang berkomitmen kedepannya.” Ketua ISA, Andi Rezti Maharani.

Dalam sambutannya, Ustadzah Hayyun Nur Diniyah menyampaikan harapannya, “Campur tangan Allah saat kalian mengemban amanah itu luar biasa. Kasih sayang yang kalian dapatkan dari Allah, jagalah. Istiqomah dalam kebaikan kapan saja dan di mana saja. Setelah menjadi pengurus, tunjukkan kepada seluruh dewan guru kalau adik-adik bisa istiqomah hingga akhir. Niatkan untuk berjuang. Kalau dinikmati karena Allah, InsyaAllah, akan menjadi ibadah dan investasi dunia maupun akhirat.

Dalam menjalankan setiap amanah, senantiasa hadirkan Allah di hati dan pikiran.”
“Semoga teman-teman saya dapat menjalankan amanah dengan baik. Dan yang paling terpenting adalah semoga bisa istiqomah dari awal sampai akhir. Jadikan amanah sebagai ladang pahala.” Pesan Aulia Mar’atul Hikmah selaku ketua I PR IPM Periode 2022-2023.

Aulia Salsabila Zahirah juga berpesan kepada rekan-rekannya untuk bisa menjadi lebih baik dan lebih sadar akan amanah yang diembannya. Acara yang dimulai pada pukul 09.10 WITA ini berakhir pada pukul 10.10 dengan membaca Hamdalah bersama-sama.

Pelantikan kembali dilanjutkan di aula lantai tiga pada tanggal (09/03/22). Kali ini dihadiri oleh pimpinan Pondok Pesantren Al-Mujahidin Balikpapan K.H. Mas’ud Asyhadi. Beliau menuturkan bahwasanya, kepengurusan yang baru agar bisa lebih meningkat dari kepengurusan tahun sebelumnya, dan kepengurusan sebelumnya agar bisa senantiasa istiqomah. (*/man)

Leave a Reply

Your email address will not be published.